Apa itu PCV Valve ?
Dari singkatan :
PCV = Positive Crankcase Ventilation
Valve = katup
Crankcase = Blok mesin yang isinya jeroan mesin termasuk piston, crankshaft, connecting road, oli dsb
Gampangnya PCV Valve adalah katub untuk ventilasi Blok Mesin.
PCV Valve berupa One Way Valve
atau Katub searah. Maksud dari Searah adalah flow / aliran hanya bisa
bergerak ke satu arah, yaitu dari Blok Mesin ke Luar dan tidak bisa dari
Luar ke Blok Mesin.
Sewaktu terjadi proses pembakaran BBM
di ruang bakar (combution chamber) ada sejumlah kecil campuran BBM dan
gas hasil pembakaran yang menerobos masuk melalui celah ring piston
menuju ke Crankcase (Blok Mesin). Bila dibiarkan maka tekanan di dalam
blok mesin akan bertambah, dan tekanan ini bila dibiarkan dapat membuat
oli rembes keluar melalui seal-seal blok mesin; dari segi "gas" yang
menerobos juga dapat merusak / menurunkan kualitas oli yang ada.
Karenanya "gas" ini dialirkan keluar dari Blok Mesin.
Kemana dialirkan ?
Awal mulanya langsung dibuang ke
alam bebas, tetapi cara ini berarti mencemari udara. Kebanyakan
mobil-mobil saat ini mengalirkan kembali "gas" tersebut ke intake
manifold yang selanjutnya dialirkan ke ruang bakar. "Gas" yang dialirkan
ini juga membawa uap oli, sehingga dapat mengotori intake manifold
termasuk juga PCV Valvenya juga. Beberapa orang melakukan modifikasi
dengan menambahkan Oil Catch Can yang fungsinya menangkap uap oli
tersebut sehingga gas yang dialirkan kembali ke intake manifold terbebas
dari uap oli.
Kenapa perlu dicek dan dibersihkan ?
Nah seperti saya jelaskan di atas
kalau PCV Valve ini dapat kotor oleh uap oli dan bahkan bisa membuatnya
mampat, maka perlu dibersihkan juga. Karena jika PCV Valve ini sampai
buntu sama sekali atau rusak, artinya Blok Mesin tanpa ventilasi. Efek
berikutnya, balik lagi ke penjelasan pertanyaan "Kenapa Perlu
Ventilasi". Selain kotor, PCV Valve dapat saja rusak, misal selalu
menutup yang artinya sama saja buntu, atau selalu membuka yang artinya
aliran udara luar justru masuk ke blok mesin; padahal seharusnya hanya
mengeluarkan tekanan/gas dari blok mesin keluar.
Dimana letaknya ?
Biasanya melekat pada head
cover. Untuk Aerio / Next G silahkan buka dulu cover plastik mesin,
sehingga mesin tampak seperti pada foto di bawah ini, perhatikan
lingkaran merah pada foto yang menunjukkan PCV Valve sedang menempel
pada blok mesin.
Tinggal tarik ke arah belakang untuk
melepaskannya dari blok mesin. Untuk melepasnya dari selang karet
tinggal buka klip pakai tang dan tarik. Berikut adalah foto PCV Valve
yang terlepas, maaf saya ambil foto PCV Valve lain dari internet karena
tidak punya foto PCV aerio yang terlepas :D, di sini warnanya hitam,
sedangkan di foto atas berwarna abu-abu, tapi keduanya adalah sama.
Cara cek (dan bersihkan) :
1. Buka Cover Plastik Mesin.
2. Cabut PCV Valve
3. Nyalakan mesin pada posisi idle
5.
Matikan mesin, dan kocok valve (bisa dengan melepasnya dari selang atau
tidak, pilih yang paling nyaman). Sewaktu mengocok valve rasakan adanya
bunyi berderak (rattle) di dalam valve tersebut yang menandakan katup
didalamnya terbuka dan tertutup. Bila tidak berderak (rattle)
kemungkinan PCV Valve tersebut perlu diganti.
1. Buka Cover Plastik Mesin.
2. Cabut PCV Valve
3. Nyalakan mesin pada posisi idle
4. Letakkan jari pada "Crankcase end"
untuk mengecek ke-vacuuman, rasakan sedotan mesin di jari. Kalau kurang
terasa vacuum, mungkin perlu dibersihkan atau bahkan perlu diganti
6.
Untuk membersihkan cukup semprot dengan carburator cleaner atau cairan
pembersih lainnya, bisa juga semprotkan sedikit saja penetran/pelumas
macam WD-40 untuk memperlancar buka tutupnya katup. Semprot sambil
kocok-kocok. Pasang kembali dan coba test ulang.
sumber : http://otodiy.blogspot.com
Terima kasih informasinya, punyaku ford laser, pcv kelihatan sedikat melengkung mungkin terlalu lama dan sering panas dan belum pernah ganti sama sekali,pernah aku lepas dan aku coba tiup seperti niup terompet ujung dan pangkal, sama saja ada aliran udara keluar, mau tanya apakah masih normal ya? maksudku kalau normal apakah kalau ditiup sisi pangkal/bagian masuk ke mesin ada aliran mengalir keujung, dan sebaliknya jika ditiup sisi ujung/selang ke manifold apakah buntu/ uudara tidak bisa mengalir ke pangkal?
ReplyDeleteNormal nya satu arah.., aliran udara hanya boleh keluar dari blok mesin ke manifold, sebaliknya dari arah manifold tidak boleh masuk ke blok mesin..
DeleteKalo mobil cary karbu ada nggak ya PCVnya?
ReplyDeleteKalo mobil cary karbu ada nggak ya PCVnya?
ReplyDelete